mengapa harus ada kucing2an di dunia?

Resensi Novel Metropop: Antologi Rasa by Ika Natassa




Denise:
Aku bahagia dengan persahabatan kita, Ruly, Keara, Harris!
Ruly:
Aku akan selalu memimpikanmu untuk menjadi istriku, Denise.
Keara:
Gue musti apa untuk mendapatkan cinta lo, Ruly?
Harris:
Gue akan ngelakuin apa aja buat lo, Keara, asal lo jadi milik gue.

novel teh Ika Natasha ini emang ngga bisa bikin kita asal tebak gimana ending ceritanya.
Kenapa bisa dalam persahabatan 4 orang ada rahasia hati di masing-masing mereka?
Dan kenapa bisa kisah yang kufikir ngga ada justru terjadi di judul selanjutnya?
Lalu kenapa aku sampai lupa waktu saat mata beradu dengan ribuan kata disana?
Juga kenapa aku harus membacanya bersama hujan sore hari?
Terakhir,
Mengapa cinta harus serumit cerita dinovel ini?
Ngga percaya? Percayalah..

LDR: heaven or heartache?

when a girl said,
"I'm in love with a boy who lives 5.000km away"
                                          Long Distance Relationship: heaven or heartache? 




ya! bahasa kerennya LDR. hubungan jarak jauh ini lagi beken bgt dikalangan anak muda hingga pasangan pengantin dewasa. penyebabnya juga macem2. ada yg tinggal di beda kota buat sekolah, beda pulau buat penempatan kerja, bahkan beda negara buat liburan. nahlo? 

ini tips yang paling bener kata saya, percaya syukur mboten nggih pun :p

 If you want to keep the spark alive, here are simple ways to stay connected..

1. Be Mentally Prepared 
Long distance relationships can be hard to do, especially if yo are not completely committed to them. Before you attempt a long distance relationship, you need to make up your mind that you will commit to the relationship. 


2. Make Face to Face Dates
Very few long distance relationships can survive without face to face dates. Having set dates to see each other can make the time apart easier to manage. Whether yo can see each other once a month or once a year, making plans to see each other is very important.


3. Keep Your Dates a Priority
It can be easy to let life get in the way, yet when yours is a long distance relationship you have to make time together a priority. Because long distance relationships lack the frequent contact that helps couples stay close, keeping the few dates you have is crucial. Make certain that you have arrangements ready and that you can say "no" to any last minute problems that may hinder your face to face time.


4. Have Daily Contact
No matter how far apart you are, couples in a long distance relationship can make an effort to contact each other at least once a day. Whether it is a short email or text message, or a lengthy phone call, having some sort of daily contact keeps the couple connected.


5. Go the Extra Mile
As in any relationship, taking a few extra steps from time to time to show that you care can be very important. Occasionally send a handwritten letter or card that shows that you care. With many companies willing to ship packages anywhere, you can order flowers or gifts to be sent to your partner almost anywhere in the world. These simple surprises can make a long distance relationship feel much closer.

6. Have Conversations When You Can and  Make Communicating Fun
Text messaging and social networking sites such as Twitter have made it easier to have conversations with anyone at any time. Couples in different time zones may need to find time for conversations whenever they can. Utilizing these tools, long distance relationships can feel closer than they really are.

7. Don't Forget the Power of Video

8. Don't Make Communicating a Burden

9. Involve Your Friends and Family

nanggung ya? sebenernya ini yg paling penting..

10. B E L I E V E


ngga ada yang ngga mungkin. untuk hubungan yang tak berada di satu waktu, satu tempat dan satu suasana sekalipun.
buat yang pada LDR, sebenernya kalian ngga butuh tips-tips semacam ini. 
tanpa disadari dalam hati kalian udah tertanam fikiran-fikiran yang hanya kalian sendiri yg tahu. apakah keyakinan kalian itu lebih banyak manfaat atau ruginya buat hubungan jarak jauh.
yang bisa bikin kuat ya kalian sendiri, tips-tips macam begini seolah hanya menjadi motivasi padahal kalian tau setiap kalian searching tips LDR pasti tiap poin nya ngga jauh-jauh dari 10 saran diatas. ya kan ya kan?
anw ngga ada salahnya kok. pesen-pesennya sebelum tidur :

- jangan keseringan menyendiri diruangan sepi yah, kalo udah papasan sama Galau riweuh nanti. yg ada ntar ngga ada angin ngga ada ujan pasangan kamu yg lagi sibuk jauh disana kena uring2an kamu gara2 mendadak ngerasa kesepian.
- jauhi tempat2 yang menyajikan pemandangan kurang sehat pada Sabtu malam (tempat yg banyak sejoli pd dinner seminggu sekali maksudnya. kalo pasangan LDR kan minimal sebulan sekali. #bedatipis)
- perhatikan shuffle playlist lagu di hape kamu. please handle your self. okay?
- yg terakhir ngambil lirik lagu religi yang lupa siapa penyanyinya: 'Jagalah Hati'
- yakalo kepaksanya musti Putus wajar, cuma jangan CLBK lagi kalo2 suatu saat papasan ngga sengaja sama doi di satu waktu. plin-plan tuh. dilema kan ya? pengalaman pribadi yah? iyaaa.. *loh? 

*jengjeeng! sekian tips kali ini, yakalii siapa ngerti bisa jadi referensi buat kamu, kamu, dan kamu.. (nunjuk orang dengan satu jari padahal empat jari lain nunjuk ke diri sendiri. hik? jangan2 someday saya ngalamin juga? DEG! #abaikan)

SALAM LANGGENG SELALU YAA..
:)



setahun dengan kesan menahun. 2011..

Kamis pagi di akhir tahun.
sebelum nanti ngga sempet lagi bikin posting sampai akhirnya terlewat hari-hari terakhir di 2011 ini, mending nulis dari sekarang ya..

you know why I love December?
aku tidak lahir dibulan ini, aku juga tak mempunyai kenangan manis dengan satu bulan ini. tapi setiap bulan ini datang aku selalu ingin mengenang banyak moment yg terjadi hampir 12 bulan ini.
dan beberapa diantaranya..

- Satu konsep hidup terwujud-
di tahun ini aku bisa membuktikan bahwa obsesi dan cita-cita bukan tak bisa jadi nyata, bukan! akhirnya aku mempunyai sebuah warung sederhana yang selama ini masuk dalam daftar konsep hidupku. mengapa bukan butik? mengapa tak jual saja barang2 branded via online? atau yang lainnya yang sedang menjamur sekarang? mengapa harus warung bubur?
aku ngga tau darimana harus menjelaskan, tapi dengan terwujudnya keinginanku satu ini. aku bersyukur. setidaknya Tuhan percaya aku mampu Ia percaya. terimakasih..

- Patah hati yang sebentar sekali -
ngga perlu diingkari kalau tahun ini juga adalah tahun yg mesti kulewati sbg 'single' setelah lebih dari 2 tahun tak merasakannya. he3 berlebihan ya? tapi aku cukup memahami apa yang mereka bilang patah hati. kalau kubilang bukan patah hati, tapi rutinitas berhenti. dimana yg biasanya ada seseorang untuk kita ajak berbagi, kompromi, selalu ada terikat, berkomitmen sebagai seseorang terdekat, yg komitmen tersebut membuat seolah setiap hari mengikat, mengikat untuk menjaga hati. tapi tahun ini semua berhenti. kembali pada masa dimana aku harus fokus pada diri sendiri. benar kuakui aku patah hati, tapi untunglah hanya sebentar sekali. terimakasih..

- Bukan Karir Biasa -
menjadi PR (Public Relation) mungkin bukan sepenuhnya cita-citaku. tapi aku mengambil jurusan ini di kuliahku. seiring waktu aku menikmatinya, bekerja di salah satu perusahaan swasta nasional membuatku mengerti bahwa menjadi seorang PR itu tak bisa sendiri. ia butuh banyak orang lain sebagai partner yang mampu mendukung kwalitas kinerjanya. dari sini saya tak hanya menemui banyak orang baru sebagai relasi, tapi lebih dari itu. aku bertemu banyak orang hebat, orang-orang baikhati lebih dari yg kukira. aku melaluinya tak terpaksa, kunikmati mengalir begitu saja. hingga akhirnya ditahun ini aku sudah berani bolak-balik keluar kota sendiri. membuktikan bahwa seorang PR memang harus mampu belajar dimana saja ia ditempatkan. sekaligus mampu beradaptasi dengan banyak pribadi baru dan bagaimana mereka bisa nyaman mengenalmu. prinsipku saat ini :
'berkenalan dengan seseorang itu mudah, yg sulit adalah bagaimana kamu mempertahankan hubungan kalian. apapun bentuk hubungan itu'
sekaligus melatih adik2ku bagaimana jika suatu saat nanti tak ada aku untuk mereka.awalnya berat mereka tanpaku di tiap harinya,tapi seiring waktu mereka terbiasa. bahwa mandiri terjadi berkat mereka sendiri.
hingga hari ini aku masih disini, terus belajar untuk ilmu yang takkan ada habisnya. terimakasih..

- Keluarga baru itu memanggilku DEWI.. -
kadang aku tertawa sendiri mengingat ini. lalu muncul pertanyaan. 'aku ini anak siapa sih?kok ibu ku banyak banget?hehehe'
iya.. aku ngga tahu dan baru sadar .tersenyum sendiri saat kuketik bagian ini. ada berapa ibu yang menganggap aku sebagai anak mereka? aku bukan tidak ingat tapi aku masih memikirkan ibu siapa saja yg bersikap manis padaku semanis pada anak mereka sendiri. mulai dari Ibu sahabat smp ku, smu, kuliah, entah ibu2 yg menjadi pelanggan buburku, ibu2 yang menjadi customer di kantorku, ibu haji langganan makan siangku. hingga saat ini aku selalu bahagia ketika berkenalan dengan Ibu,siapapun ibu itu. aku suka sekali detik2 menyentuh tangan mereka dan menciumnya.tak perlu waktu hingga 5menit untuk menganggap seolah mereka adalah ibuku sendiri. aku tak pernah sengaja melakukannya.
tahun ini ada yg berbeda. biasanya ketika aku dekat dengan seorang ibu aku juga akan merasa menjadi salah satu anggota di keluarga kecilnya saja. tapi kali ini lain,baru kali pertama aku datang dan berkenalan. kebetulan hampir seluruh keluarga sedang berkumpul hari itu. jadilah aku anak bawang baru yang tak lepas dari 'ospek' mereka mereka sebagai ibu, menantu, ipar, budhe,simbah. yang semuanya memang sudah sah menjadi seorang istri dan ibu. aku seperti sudah bertahun2 mengenal keluarga itu. setiap kalimat petuah mereka yg menjadi catatan di otakku untuk kebaikanku.
Baru sebentar berpisah aku sudah rindu pada ramainya keluarga itu,pada lelaki kecil berusia 7th yg kujumpai disana, dua bayi yg menjadi anggota baru penerus keluarga ini, Fathir & Valiza. aku seperti sudah mengalir bersama mereka. melihat putra kedua seorang ibu yg suka sekali berceloteh ngawur tapi lucu,wajah dan suaranya yang selalu kurindu. di sebuah desa disana, aku merasa nyaman senyaman didekatnya. dan yang paling istimewa, keluarga ini memanggilku DEWI. terimakasih..

- Bersyukur -
kesimpulan nya memang tak jauh dari ini. setiap point yang terjadi di tahun ini membuatku menjadi seseorang baru. selain kebahagiaan apalagi yang bisa dibagi?
padamu Tuhan, Allah SWT, terimakasih..

and now you know,
that's why I Love my DECEMBER..
Happy New Year people..
Life is no end journey,I guess life is too short for someday
no one knows what will happen in the future
but we'll fine when we laugh and when we were always together.


cheers! :)

onde monday! ha3...



webcam story nih ceritanye..
pas udah niat webcam-an sama orang di seebrang kota sana.
ada yg bisa bayangin ketika sebelumnya koneksi dengan susah payah merambat naik menuju sinyal paling kilat, akibat lokasi rumah bukan berada ditengah kota, hampir nangis pula biar ym bisa online di pc. nggatau errornya sebelah mane, nah pas udah dapet semua yang dari sejam lalu bikin gemes, rasanya legaaak..
ym online dong :D
sinyal jangan ditanya :D
kualitas webcam apalagi :D

*tuuuutt...
*tuuuttt...
(bunyi nada sambung ketika nunggu video call diangkat)
*ckrik! (diangkat dan muncul penampakan orang jauh di seberang)

tiba-tiba..
"Hadeeehh,, capek banget nih bapak seharian, tidur sini aaahhh.."
"Loh, bapak kok dikasurku? jangan dooonggg..pindah doong..." ( ya! bapak saya lagi rebahan dikasur tepat dibelakang saya duduk dan otomatis ngeliat apa yg ada dilayar pc saya)
"Lagi ngapain tuh? ikuuut laaah bapake laah.." (sambil ngintip2, asli genit sibapak te')

yaah dengan berat hati kelegaan saya tadi berubah jadi apa??
ya! jadi garuk-garuk kepala.. :'(
ude gitu kedengeran jelas banget lawan ym saya ketawa nya ngga santai.. *puas?seneng yak?hhrr..*
gimana engga? video call dipantengin sibapak begini??
akhirnya karna salting sendiri yaude, aye iseng foto make webcam aje, cuma jurus ini yg bisa bikin bapak berhenti stalking.
"hayah3..malah foto-foto..nggak asik" (sambil buang muka)

yehore, sukses doong..
bikin bapak gagal stalking :p
bikin bapak nggabisa ikutan nongol di frame karna ude penuh ame saye sama boneka gede :p
yg pasti, sukses bikin bapak tidur cepet niye.. *ngelesnya jago ye?*
heheee...

#NP Adera - Terlambat

hari ini lucu sih ya,sumpah..
pengen cerita dikit kalo ada adek kelas jaman skolah dulu bbm nanya, 'mb zuu please tenangin aku, please gimana caranya aku lupain mantan gebetan ku, aku masih aja suka kepikiran dia. dulu aku emang salah ga terima cintanya tp dulu aku cm belum suka, sekarang giliran aku suka banget dia nya udah punya pacar.please mba zuu tenangin aku (make emot nangis 10biji)'

Jadi itu beneran bbm ato karangan indah ya?panjang bener hi3. bahkan ga sepanjang jawabanku ke dia, 'iya3 aku tenangin, tenaang ya temui aku besok pagi diwarung dek' *modus biar dia sarapan sibubur ttep ada disini*
alhasil datanglah si gadis muda setelah aku ini, kirain dia galau taraf biasa aja, ternyata engga eh..matanya sembab coba, mukanya pucet kayak ngga makan dari SD, jalannya lesu dan kayaknya dia ngeliat uang berserakan di sepanjang jalan (baca:nunduk terus), tadinya aku lupa masalah ni anak apa tp mendadak jd iba, salah siapa yg bisa bikin gadis semanis ini jadi kusut begini,ngga rela :(

dilesehan warung dia cerita semuanya, dr gmn dia kenalan sm cowok yg dia bilang calon gebetannya itu (drmn silsilahnya sih ada gt calon gebetan?) Sampe si cowok ngejar dia dengan segala daya upaya, tp si gadis ini masih belum tumbuh rasa suka. 'hiks, jd waktu dia mulai rada beda gt aku baru brasa kehilangan mba.. perasaanku bilang *ciee perasaan niye :p* dia lg pdkt juga sm cewek lain selain aku. eh, pas aku ngerasa kehilangan dia aku sadar aku sayang sm dia. baru aku niat mau nyapa lagi bermaksud untuk kedekatan hubungan kami, ternyata dia udah in relationship mba di fb sm cewek (iyalah sm cewek dek -,-") sedih nya hatiku mba..'

deuh ojaan..
ngadepin gadis kecil ini lebih susah dr ngadepin adik kandung sendiri yakin. kalo adek kandung yg curhat sampe nangis gini mah tinggal bilang, 'apasih kamu ninggal sholat aja ga nangis giliran ga dapetin gebetan kesiksanya gitu banget'
tp yg lagi nangis didepanku ini anak orang, nggatau gimana biasanya dia diapain kalo lagi patah arang begini.
yg bisa dilakukan cuma satu, bikinin bubur pake bissmillah..
'udah ah nangisnya, malu sm ayam jago di mangkok tuh.makan dulu buburnya'
'huuu..mba arzu nih..' (yess! berhasil bikin dia senyum kecil)

Sepanjang dia makan sengaja ngebahas soal lain, topik yang mungkin lagi ga pengen dia bahas. tapi gara2 yg ngajakin ngobrol model emak2 galak yang kudu dijawab tiap nanya ya akhirnya mau ga mau dia cerita. eh tapi suksesnya berkali2 bikin dia rada lupa sama ayam jago di mangkok buburnya,he3..

'aku nggatau dek gimana solusi paling bener buat masalah kamu ini, soalnya aku jg pernah ngalamin he3 (melet2 sipit :p) iya sih gondok rasanya nemu cowok dengan model pdkt Tebak-Tebak Berhadiah gitu'

'apa tuh mba Tebak-Tebak Berhadiah?'

'jd dia pdkt sama lebih dari 1 cewek, yah kali buat ngebandingin sm yg mana yang paling bikin dia nyaman. selain itu ya kayak kamu eh kita gini, ketika dia ngerasa pernah cuma fokus ngejar kamu eh kita tapi kita nya ngga kasih lampu hijau padahal dia udah 10th nunggu atau bahkan lebih ya wajar kalo dia berharap pada gadis lain yang lebih bisa ia yakini buat jadi kekasihnya'

'trus dulu mba zuu gimana?'

'gimana apanya?buburnya? ya gitu,tau2 jualan aja gitu seneng deh :D'

'gebetannya mba gebetaaaaan -,-'' (hore ni anak bs kesel juga akirnya)

'Ooooh..ha ha..'

'hahhahaha dasar mba zuu'

*eh dia ketawa loh tuips,ajaib tidak?*

'aku dulu nggatau,lupa. tp perasaan emang sempet kecewa, rada cemburu tiap dia pasang foto sm pacarnye, mereka pacaran di twitter, sedih deh.. cuma seiring waktu ngga begitu ngaruh kok. Ga harus dipaksain lupain,ngalir aja kayak air. ntar juga jatohnya deres kaya hujan. abis itu kena jalan raya ketika lagi panas,menguap,berbaur bareng debu,ketiup angin,ilaaang deh (ciee mainnya puisi niye :p)'

'aku mau coba mba zuu, trus kalo ketemu?'

'yaah usahain jarang ketemu, minimal setahun sekali. beda soal kalo 2 hari sekali doi sarapan bubur dimari,untungnye rumah doi jauhnya sejauh mata memandang #hayah# jadi kesini jg baru sekali. deg3an sih tp anggep aja kita perlu sekali2 ketemu buat pertahanin tali silaturahmi. Keep it SIMPLE :)'

'aaa..mba zuu,untung aku kesini' (untung ketemu ayam jago dimangkoknya juga kali hi3)

yaah intinya gitu, bahwa kadang hampir semua orang suka komen ke temen mereka yg mungkin keduluan sm cowok lain yg lebih dulu nembak si gadis impian, 'lo sih, udah gue bilang tembak lo malah main tarik ulur pdkt kalian, sekarang gebetan lo disamber orang kena kan hati lo'
Padahal ya kita tau banget lah pengennya itu cowok nembak trus jadian syukur2 serius sampe merried punya baby lucu dikasih nama Megumi (yee..obsesi saya itu mah), jadi bukan keinginan si cowok buat narik ulur proses pdkt, emang dikata main layangan? paling kesalahan si cowok yg kurang bernyali baja aja buat langsung nembak dengan segala resiko yg bakal dia terima. Tp disini bisa juga semata-mata si cowok lagi nunggu sinyal lampu hijau dr targetnya berkedip barang sekaliii aja, redup2 dikit gapapa deh asal tetep nyala. Dan artinya dia bisa tegas lugas disaat yg tepat.
Ya, saya juga nyadar cewek punya andil disini, andil kesalahan juga. Keenakan pdkt ato masih ngga fokus sama cowok yg lagi pdkt-an sama doi. Masih banyak mikirin hal-hal lain diluar asmara misal kuliah, kerjaan, keluarga, realita hidup, *curcol :p* sampe lupa ngidupin lampu hijau. ada banyak faktor yg bikin suatu proses pdkt ngga bisa jalan semulus aliran air dihulu sungai hingga akhirnya berujung indah seindah air terjun di pegunungan (ciee puisi lagi yee). jadi salah siapa? tanyakan pada diri kamu sendiri, jangan tanya saya :(

yagitudeh, sampe akhirnya gadis cilik ini mau juga pulang setelah daritadi bikin aku duduk diri duduk diri tiap ada pembeli dateng sama nemenin dia galau kepagian sendiri.
udah ngga kasian lagi, jadi lega. udah selametin anak orang dari keinginannya memilih antara duduk dibibir sumur atau menempelkan segelas baygon dibibirnya *segitunya ya?dasar anakmuda..#geleng2*

Oya pembaca, -adik ketemu gede- saya ini juga saya kasih bekal satu lagu yang kata saya PASS banjet buat dia juga buat saya juga buat siapa aja yang ngga mau terlambat.
So, download and listen this song:

▶ ADERA - TERLAMBAT

Dear You, don't be late or you'll Regret..

:)

who are you?

• You are what you Think
he'em.. kamu adalah apa yang kamu fikirin. bukan keluargamu, bukan kekasihmu, bukan orang lain. cuma kamu, ngga ada yg bisa ngebentuk bagaimana kamu dan polapikirmu sendiri. kamu lebih tau polapikir yg seperti apa yg bisa bikin kamu jadi seorang kamu yang lebih baik.

• You are what you Say
wujud nyata dari kesan utama adalah sikap,tentu saja ucapan dan perkataan masuk dalam daftar disini. Ngga perlu diajarin kan gimana ngomong pake tata bahasa yg update tp masih enak didenger lawan bicara dimana aja kita? udah gede ini, gunakan kata seperlunya. malah kalo kata iklan 'talk less do more'..

• You are what you Write
Nah yang ini bisa jadi, kebanyakan orang sekarang main tebak gimana sosok kita dari apa yg kita tulis. misal dr blog, twitter, fb, dan teman2nya. ga jarang juga yg bs fall in love sampe benci setengah hidup sm seseorang hanya karna mereka menilai org tersebut dr apa yg mereka tulis. Emang sih ngga adil kalo kita judge manusia lain sebelum kita mengenalnya lebih dalam, but hey! itulah yg kenyataannya terjadi kini. So,nulis sih bebas kok,cuma antisipasi aja. Dunia maya ngga selalu berpihak pada kita..

• You are what you Do
Satu ini yg paling fatal kalo sampe kita salah, kamu adalah apa yang kamu lakukan. Nah kalo dari sini sah banget buat orang lain menilai kita dari segala sikap yang kita lakukan. Bukannya jaga imej, bukaan.. Tapi sekedar ngingetin kalo kita jd manusia musti bisa membawa diri, ngga bisa maksa orang lain menilai kita sesuai apa yg kita mau. Ngga maksa kok, cm ngga mau kan orang salah menilai? anggep aja latihan buat jadi pribadi yang lebih baik dan benar dilihat nyata. ngga ada salahnya apalagi ruginya, kita mau bersikap seenak udel kita juga tetep bisa kok, cuma ada tempatnya. Lhawong bersendawa aja ada tempat dan waktunya..hehe

ini bukan tips, ini sekedar bacaan.
bukan buat dipikirin, cuma buat dibaca.
So enjoy, and HANDLE our self..

:)

8 jam menuju Bandung

Oct 7th 2011- 09.25

baru sekali ini aku menuju kota kembang, dengan kereta api, sendiri.
kalian tau? aku sangat menikmati setiap perasaan yang terjadi. mulai saat aku harus kesusahan masuk menuju pintu stasiun, rasanya tas ranselku ini berat sekali. tujuanku disana memang tidak untuk berapa lama. hanya untuk 3 hari 2 malam, tapi rasanya aku bawa baju untuk seminggu, maklum kelewat seneng akan ada di kota yang sebelumnya belum pernah kudatangi.
mulai dari aku terancam tertinggal kereta sehingga aku harus berlari sepanjang terowongan stasiun Tugu Jogjakrta, aku tertawa kecil saat berlari, "ah,belum berangkat aja seru begini!" kataku dlm hati :D
hingga akhirnya keretaku mulai berjalan, belum ada tanda-tanda yang berbeda dengan perjalananku sebelumnya ke Surabaya dan Jakarta. tapi sekitar dua jam kereta melaju, jantungku mulai berdebar, keretaku melewati terowongan cukup panjang yang membuat seluruh pandanganku tertutup gelap, kemudian Sungai Serayu yang konon katanya adl sungai terbesar setelah Bengawan Solo, tebing-tebing curam yg bahkan terlihat cantik dengan permukaan kasarnya, petak sawah hijau sejauh mata memandang dengan aliran air kecil yang jatuh teratur membentuk air terjun mini ciptaan manusia. lelaki2 kecil bermain layangan tanpa alas kaki dan mereka sangat menikmati, beberapa diantaranya sibuk bermain bola di ladang tanpa terbatasi tembok gedung kota, yang ada hamparan sawah dan langit yang siap menyajikan senja setiap sore. membentang menghadap bukit raksasa, kerbau-kerbau tampak tak pernah menyesal dilahirkan disini. tak berhenti disitu, beberapa gadis kecil berlarian dengan seragam pramuka mereka dan sepatu yang ditenteng, mereka berlarian dengan tawa yang aku yakin keras sekali, mrnyusuri setapak jalan berdebu dengan pepohonan rimbun ditiap tepinya.

kereta hampir sampai mengantarku, rasanya bibirku tak berhenti tersenyum memutar kembali apa yang kunikmati sedari tadi.
pemandangan takjub melihat tiap hal yang terlewat, aku seperti sedang berada dalam kereta wisata keluarga, padahal sebenarnya aku hanya duduk mengikuti kemana arah Lodaya melaju. serasa sedang melintasi kehidupan impian. tak ada lagi ingatan tentang kekacauan kota, bahkan urusan negara sekalipun. yang ada hanya perasaan teduh yang larut semakin dalam, semakin menghargai lukisan alam, mensyukuri karunia Tuhan berupa sepasang bola mata, hati yg menghayati, jiwa yg menenangkan.
Puncaknya adl SENJA, lembayung bergurat tenggelam tepat di depan mata, menikmati sinar emasnya ditelan bukit.
"sekaligus menjadi senja ketiga terindah untukku.."

:)

monolog

"coba sekali-kali pentingin diri kamu sendiri.."

sahabatku tiba2 berkomentar begitu padaku semalam, aku lebih memilih menjauhkan blackberry ku daripada melanjutkan obrolan kami. kamarku memang sengaja tak ada lampu, aku suka gelap meski aku tak suka mati lampu. aku lebih suka gelap yang sengaja kuciptakan sendiri. yang ada hanya lampu belajar yang tentu saja terangnya sebatas ia mampu menerangi sekitar meja. iseng kuputar tombol on-off nya. menyalalah dia, aku memilih merebahkan tubuh dan memejamkan mataku. membiarkan alam gelap nya menerawang jauh.

memang apa yang lebih penting?
apa yang membuatnya bisa berpendapat begitu padaku?
aku memikirkan diriku, memikirkan kebahagiaanku.. eh, apa benar begitu?
rasanya tak sepenuhnya salah. mungkin benar aku terlalu fokus memikirkan orang lain, hingga kadang aku lupa aku punya diriku. aku punya fisik yang harus kujaga kesehatannya, aku punya psikis yang harus kujaga keseimbangannya, aku punya hati yang harus kujaga untuk, untuk... untuk yg satu ini aku belum bisa menentukan untuk apa sebenarnya harus kujaga hatiku.
aku seperti mulai meng-iya kan pendapat sahabatku itu,
mulai berimajinasi dalam ruang gelap yang tak ada batasnya dalam fikiranku, kulihat sebuah lingkaran tergambar dengan kata HIDUP tertulis ditengahnya. kemudian ada garis tipis membagi otak bulat tersebut. garis-garis itu menciptakan beberapa bagian :
bagian yang paling besar bertuliskan Keluarga & Agama
bagian yang sedikit lebih kecil bertuliskan Sanak Kerabat/Sahabat
bagian yang berukuran sedang bertuliskan Realita
bagian yang terkecil bertuliskan Arzu's heart & her youth life
dalam gelap aku merasakan bibirku tersenyum, tipis.. aku lega bahwa tetap ada porsi dimana aku memikirkan diriku sendiri. meskipun ia ada di bagian terkecil, bukan berarti terendah, percayalah.. kebahagiaan sebenarnya kurasakan saat aku bisa membuat lingkaran dalam imaji ku itu berputar perlahan, dan tetap berwarna terang. dan kesedihan sebenarnya adl ketika lingkaran itu tak lagi berputar dan gelap.
toh saat ini aku masih kuat, aku si kecil yang bisa membuat seluruh lingkaran besar itu berputar.
akan ada saatnya seseorang mampu membantuku mendapat bagian yang lebih besar dari ini, nanti..

:)

ini hanya feeling ku,ibu..

hari ini memang tak biasa. biar kuceritakan sedikit..



sepulang nya dari bekerja, pukul 22.00 wib dia memintaku mendengarkannya bercerita, bahwa sahabat karibnya ternyata berkhianat padanya, aku tak begitu faham bagaimana kronologis ceritanya, tapi yang kuamati adalah mimik wajahnya. ike terlihat sangat murung, bahkan matanya sembab karena menangis sebelum ini. 
ini hanya feeling ku, ibu..
jika ibu masih ada bersama kami aku yakin beliau juga akan bersikap begini. 
diam mendengarkan, seksama mengamati, dan tersenyum sambil memberikan kalimat menenangkan hati,
"sebenarnya kamu cuma berprasangka Yem*, bukan perangai seseorang atau bahkan karibmu yang berubah. tapi prasangka mu disitu.ingat bahwa kamu yg lebih mengenalnya, lebih dalam daripada si pencerita tentangnya padamu"
Ike tertunduk lesu. namun ia mengaku lega. meski aku tak tahu apa keputusannya setelah ini, kurasa dia sudah cukup bijak berfikir..


pagi tadi ia sengaja menemaniku berjualan bubur karena sekolahnya libur. selepas sepi, kutatap sosoknya. anak ini sudah besar,bahkan aku baru sadar benar ia sudah punya kumis tipis. sepertinya ia lelah sejak subuh tadi membantuku. kudekati dia, kucoba usap rambutnya meski sungkan, tapi ia menikmati. justru ia memilih merebahkan badannya ditikar dan menjadikan kakiku sebagai sandaran kepalanya, sepertinya ia sedang ingin bermanja. kuusap alis mata kanannya, mencoba mencairkan suasana,
"capek ya?gimana sekolah?udah bisa rakit mobil sendiri blum?ha ha"
sambil memejamkan mata ia menjawab,
"mobil tamiya bisa,tapi kalo mobil pemadam kebakaran nanti dulu,masih di bab nambal ban nya"
jawabannya itu spontan membuatku tertawa geli. kembali kuusap rambutnya dan membiarkan ia terhanyut. malam harinya yg kebetulan sabtu malam,dimana anak2 seusianya merasakan kebebasan setelah seminggu lelah bersekolah. aku bahkan tak menyadari Putra mandi sore dan sebegini harumnya justru dengan senang hati melangkahkan kakinya menuju masjid.hingga selepas Isya' . 
kembali ini hanya feelingku, Ibu..
ketika kau melihat putra remaja mu sepositif ini aku yakin kau akan memberikannya hadiah ini, sesuatu yang dia minta seminggu lalu. Kemeja batik untuk dipakainya ke sekolah setiap hari Jumat..


hari ini ia pulang sore, pamitnya padaku belajar bersama dirumah Muna. aku selalu berikan izin untuk tiap permintaannya hanya agar dia tahu aku percaya padanya. hingga setelah dia mandi sore, kubantu ia menyisir rambutnya, iseng membentuk kepang dua seperti ketika ia masih smp dulu. tiba2 ia bertanya,
"mba Dewi,sabtu depan aku boleh nginep dirumah temen ga?mau garap tugas."
aku tau ia takut, dari getar suaranya yang cemas aku tau.
sekali lagi ini hanya feelingku, Ibu..
aku tersenyum dan menjawab,
"jangan, kalo mau temen2 kamu aja yang diajak kerumah. ngerjainnya dari siang jadi sore selesai. kalo butuh laptop mba Dewi ada. ngga sampe nginep gitu.belum waktunya dan tak ada alasan untuk tidak tidur dirumah"
masih dengan beberapa helai rambutnya ditanganku,ia mengangguk dan merajuk padaku,
"yaah, iya deh tapi modem nya diisi pulsa ya Yem*, pleasee.."
aku tersenyum lega, pertanda ia mengerti. bahwa aku bukan melarangnya, tapi memberikan solusi lain untuknya. dan aku yakin tak akan ada kecewa dihatinya, Bu..


setiap sikapku pada mereka hanya apa yang kurasa ketika aku lebih dulu hidup bersamamu, Ibu..
ketika aku lebih lama dari mereka untuk mengerti apa tujuan dari segala sikapmu..
bukan aku yg menentukan benar tidaknya sikapku,
tapi sekali lagi, ini hanya feelingku..
Ibu..

:)

*Yem : panggilan khusus antara kami.he

(niat) iseng..

Sekali-kali nulis cerita lucu boleh ya.. :p
Hihi belum mulai cerita aja udah nyengir geli sendiri..
Adeuh ceritanya gado-gado nih guys. But it’s too important for us..Bahwa sebenernya suatu hubungan itu terjadi karna ada kesempatan dan kelucuan(ngaco bgt si ya? :p) anw lupakan soal kalimat pembuka. Fokus ke inti cerita ajah :

Jadi begini.. hi..hii (yakin ngetik nya sambil ketawa sendiri)
Siang tadi iseng buka facebook. Asli iseng,niatnya iseng. Apa coba iseng doang make niat? Buka facebook sih trakir berapa bulan lalu,maklum udah ada twitter jadi kadang suka mikir kalo fb tuh udah berubah,doi ga kayak dulu lagi. Sedih L
Halah! Maksudnya fb sekarang isinya barang dagangan doang,mulai dari sikat gigi penghilang kuman segigi-giginya, krim pemutih plus perata warna kulit seorang-orangnya,lebih ajaib lg ampe ada yg jualan surat dokter! Surat dokter dr RS Panti Rapih tadi saya baca,ya ampun fb emang kejam. Ngedukung buat sembarang bikin alasan bolos dari kewajiban itu salah satu kejahatan,mungkin.hehe.. #apasiiih tp dilain waktu dulu fb berjasa banget buat saya,bisa loh nemu seabreg temen dari sini, pacar juga! Bedanya satu aja ngga seabreg,hehe..

To the point! Jadi ngga sengaja nengok ke halaman sebelah. (niat) iseng lagi ngebaca obrolan sejoli yang kalo dibilang bukan ABG lagi sih,seumuran 2th diatas saya,Cuma asli lucu banget. Gini nih kalo sejoli ngobrol cuman kita bisa bayangin semanja apa mereka satu sama lain dengan gaya bahasa yang asli,
u-n-y-u.... uuuu :s boleh dikasih liat dikit ya obrolan mereka,dibaca loh dan pastikan kamu ketawa. Pleasee.... *gaya ‘aim*

Cewek manggil si cowok “poooo..”
Cowok manggil si cewek “lala..”

(pas segmen ini saya sampe merinding loh,dari panggilan mrk aja udah unyiuuw bgt kan :p)

Cewek: “hey,genduuuttttku!! Pooooo..... :O” (hayuh bayangin ekspresinya)
Cowok: “Lala lala lala lalaaaaa.... “ (sambil merajuk minta di dusel2 kayaknya)
Cewek: “Poo..Lala bikin perkedel kentang loh,mau nggaa?” (iyalah perkedel bahannya kentang masa biji salak,tapi karna ngeliat paras si cewek yg cantik ngga jd sebel deh :p)
Cowok: “mau mauu..Lala pinter bgt sih..sini sini cuph”
Cewek: “~.~” (iyuuwwhh,guys itu emote mata merem sambil manyun dikit bukan sih?gemes3!)
Cowok: “asik asiikk...” (pasti kalo diperagain si Poo udah kayang rol depan belakang :D)
Cewek: “kalo Lala bilang sayang sama Poo,asik ngga?”
Cowok: “ih Woouw..Super duper asik asiikk” (sambil joget hawai hulaa..hulaa :D )

Aduh guys,segini aja udah bikin saya nangis geli. Bukan sebel ngeliat obrolan sejoli sebaya sekitar 23tahun ini. Tapi ngeliat keseharian mereka dan paras masing2 membuat saya mewajarkan dan sepertinya hubungan mereka ini seru sekali. Minimal pas ribut ngga sampe lempar piring.pot bunga ato genteng rumah tetangga ya,pasti sehebohnya mereka ribut juga mentok lempar nya bantal,boneka beruang lucu tapi segede aslinya,yah pokoknya marah yang unyuuw gitchu..diakhiri dengan rengekan manja keduanya “Pooo...” “Lala...’” kemudian berpelukaaaannn.. *hih!bejek2 pipi sendiri*

Nah,Lagi seru kepo-in obrolan sejoli yg juga temen sendiri,tiba2 saya jd (niat) iseng buka message. Gimana ga loading lambat kalo ternyata ada 247 message ga saya buka beberapa waktu ini. Cuekin bentar ah,trackpad turunin ampe bawah. Jaman-jaman saya masih super rajin buka fb. Nah nemu satu rangkaian pesan dari orang yang belum begitu lama sih.
Kenalannya awal tahun,isinya kenalan setelah sebelumnya ga sengaja dikenalin langsung. Ngga tau dia nemu fb saya nya gmn,yg pasti dia message saya. Ngobrolin apaan nya sih ga begitu penting,lebih banyak jaimnya daripada apa adanya,maklum awal :p
Tapi udah gitu saya bingung sendiri,saya asyik sekali bercerita,ia seru sekali mendengarkan. Sampai akhirnya saya sadar kalo saya terus yg cerita. Dia yg terlalu seru menanggapi cerita saya. sehingga saya ngerasa kita saling bercerita. Padahal semua obrolan itu adalah cerita saya. Bahkan sampai sekarang loh. Sampai saya sadar bahwa ia mengenal saya dengan baik,mungkin dari cerita2 saya yang ga ada habisnya, sedangkan saya? Saya ngga tau siapa dia. Sungguh..
Saya Cuma tau namanya,kota asalnya,alumni dr sekolah mana(itu juga SMA doang),sekarang kegiatannya. 

Selain itu? I don’t know who is he,seriously..
Lucu ngga sih? Lebih lucunya lagi dia ngga pernah bosan mendengarkan,meski tak pernah berganti menjadi si pencerita. Sepertinya dia masuk golongan The Good Listener in the world *adeuh berat*. Yah mau ngejelasin ke orangnya susah,ngga dijelasin juga mikirin. Akhirnya saya ngambil kesimpulan:
He just learning me. Keep it SIMPLE J

Oke jadi saya ngebuka facebook hari ini hanya untuk dua hal itu. Kepo-ing emang ngga bisa dihindarin. Tapi selagi hal itu bisa bikin hati terhibur ato paling ngga nostalgia dikit sah-sah aja kali ya, iya-in sendiri deh,hehe.... (aduh ketawa lagi kan gara2 keinget Poo ama Lala :p) haha daaahhh... :D



kapan lagi ??

*on the phone
me : ‘bapak jemput yah,sejam lagi tutupan nih kantor”
bpk : ” ya,nunggu putra balik belanja dulu,baru dijemput..”
me : “iya,kutunggu ” (masang suara melas muka sendu bibir kelu,padahal ditelpon doang)
*sejam kemudian,depan kantor
me : “hallo mbah gino,numpang ngleseh ya mbah,nunggu jemputan..”
mbah : “ya neng,dijemput siapa kok belum dateng jam segini?”
me : “bapak mbah,siapa lagi..”
mbah : “lho lha pacare kemana ki lho?”
me : “yeee..udah ah,mbah pesen susu coklat panas ya..”
mbah : “adanya milo jeh,mau?apa teh?apa jeruk?jahe?nasi kucing?tahu?bakwan gor…”
(belum kelar mbah gino ngomong udah disaut)
me: “gado-gado mbah!” 
mbah : “masa di angkringan mbah pesen gado2?”
me : “ya habisnya..lg capek bgt ni mbah kerjaan seharian,mana bapak lama beud,gara2 ujan..”
mbah : “sabar,itung2 nemenin mbah biar lariis maniss..” (baru ini mbah gino nyengirnya gitu amat -,-” )
*20 menit setelah kantor tutup,bapak dtg dorong motor
me : “aa..bapaaakk…” (muka manja minta dijewer)
bpk : “apes,sampe sini malah bocor ban motornya..”
me : “yaah..yaudah yuk pak,nyari bengkel”
bpk : “kamu sini aja,ntar bpk jemput lagi”
me : “emoh! ikuut…”
*jauh juga nemu bengkel yg masih buka malem gini,ga tega si bpk dorong motornya gitu,gantiin aahh… (buka helm,gulung lengan kemeja,kibasin poni,doroooong.. :D
hik?dorong motor?tiba2 keinget trakhir ngalamin pas masih kelas 3sd itu juga pake rewel gara2 cape jalan kepanasan :( -hari ini,dorong motor (lagi), sama bapak. so wow!
akhirnya nemu deh nih bengkel. duduk jejeran bedua sm bpk di kursi kayu dibawah gerimis emang ngga ada duanya. kapan lagi???
bpk : “tuh,ada warung baso! (nunjuk warung kecil seberang jalan,nengok,main mata) makan???”
me : (buangmuka) “hayookkk!!!” (nyengir kuda)
*nyebrang jalan,gerimis,digandeng bapak begini. kapan lagi???
*makan baso,cerita ngga jelas dari event kantor seharian tadi,spanduk bubur yg musti diganti,ampe tukang baso yang kasian gara2 jualan sendiri ga sm anak istri.
*ban motor beres! waktunya pulaang.. tp bukan pulang malah sm bpk diajak mampir kerumah kawan lama katanya.
he?ikut bapak,main kerumah kawan lamanya,berdua. kapan lagi???
om indro : “ini anakmu?wes gadis begini..pdhl trakhir gendong paling beratnya masih 20kilo”
(oh please om,sekarang juga masih..masih dikali 2 trus ditambah 10 dibagi 0 -,-“)
bpk : “lhaiyo ini,dewi yg ga pernah gak ilang kalo diajak ke sekaten,sampe sekarang suka sampe luarkota,bedanya sekarang pamit,kalo dulu kan ngilang”
(yee..si bpk mah. dulu ya dulu,lagian br ilang setingkat pasar sekaten mah cetek..hik :p)
om indro : “kamu ya nduk„”
me : “he?nggih pakdhe..” (kasih senyum plg manis nih)
om indro : “dulu kamu itu bikin ibumu ngidam naik bus kota tiap pagi,pie kui?”
(gubrag!! tau gitu td ngga usah senyum manis,senyum ginsul aja -,-“)
me : “he?masa iya pakdhe?saya ngga sadar.dulu rasanya bosen diperut ibu,mungkin lg pengen jalan2 muterin jogja naik bis,he..he..”
om indro : “hahahaha..tuh tuh anakmu,gayeng koyo bapake”
bpk : “wah pas wae,lebih sering galake pas gedhe”
om indro : “wolhaiya,siapa lg yang nerusin bakat ibunya kalo bukan dewi,ya nduk..kamu harus bla3..bla3..”
(manggut2,rada terharu,manggut2 lagi,terharu lagi..)
me : “nggih pakdhe..”
*pamit pulang,bisa2 ayam mentah dirumah keburu hidup lagi gara2 kelupaan dimasak buat sibubur besok pagi..
*tapi moment seperti malam ini,diantara malam2 sebelumnya yang lebih banyak menyita waktuku untuk orang lain daripada ayahku,aku sungguh sangat menikmati.
Terimakasih Tuhan
sweetest moment semacam ini, kapan lagi ???
-lilnote : foto diambil pas iseng nantang bpk balapan habisin makan baso seminum-minumnya. nd of course hey, i’m the winner !!! - :D (awas brani komentar si baso masih diumpetin dipipi)
*on the phone
me : ‘bapak jemput yah,sejam lagi tutupan nih kantor”
bpk : ” ya,nunggu putra balik belanja dulu,baru dijemput..”
me : “iya,kutunggu ” (masang suara melas muka sendu bibir kelu,padahal ditelpon doang)
*sejam kemudian,depan kantor
me : “hallo mbah gino,numpang ngleseh ya mbah,nunggu jemputan..”
mbah : “ya neng,dijemput siapa kok belum dateng jam segini?”
me : “bapak mbah,siapa lagi..”
mbah : “lho lha pacare kemana ki lho?”
me : “yeee..udah ah,mbah pesen susu coklat panas ya..”
mbah : “adanya milo jeh,mau?apa teh?apa jeruk?jahe?nasi kucing?tahu?bakwan gor…”
(belum kelar mbah gino ngomong udah disaut)
me: “gado-gado mbah!” 
mbah : “masa di angkringan mbah pesen gado2?”
me : “ya habisnya..lg capek bgt ni mbah kerjaan seharian,mana bapak lama beud,gara2 ujan..”
mbah : “sabar,itung2 nemenin mbah biar lariis maniss..” (baru ini mbah gino nyengirnya gitu amat -,-” )
*20 menit setelah kantor tutup,bapak dtg dorong motor
me : “aa..bapaaakk…” (muka manja minta dijewer)
bpk : “apes,sampe sini malah bocor ban motornya..”
me : “yaah..yaudah yuk pak,nyari bengkel”
bpk : “kamu sini aja,ntar bpk jemput lagi”
me : “emoh! ikuut…”
*jauh juga nemu bengkel yg masih buka malem gini,ga tega si bpk dorong motornya gitu,gantiin aahh… (buka helm,gulung lengan kemeja,kibasin poni,doroooong.. :D
hik?dorong motor?tiba2 keinget trakhir ngalamin pas masih kelas 3sd itu juga pake rewel gara2 cape jalan kepanasan :( -hari ini,dorong motor (lagi), sama bapak. so wow!
akhirnya nemu deh nih bengkel. duduk jejeran bedua sm bpk di kursi kayu dibawah gerimis emang ngga ada duanya. kapan lagi???
bpk : “tuh,ada warung baso! (nunjuk warung kecil seberang jalan,nengok,main mata) makan???”
me : (buangmuka) “hayookkk!!!” (nyengir kuda)
*nyebrang jalan,gerimis,digandeng bapak begini. kapan lagi???
*makan baso,cerita ngga jelas dari event kantor seharian tadi,spanduk bubur yg musti diganti,ampe tukang baso yang kasian gara2 jualan sendiri ga sm anak istri.
*ban motor beres! waktunya pulaang.. tp bukan pulang malah sm bpk diajak mampir kerumah kawan lama katanya.
he?ikut bapak,main kerumah kawan lamanya,berdua. kapan lagi???
om indro : “ini anakmu?wes gadis begini..pdhl trakhir gendong paling beratnya masih 20kilo”
(oh please om,sekarang juga masih..masih dikali 2 trus ditambah 10 dibagi 0 -,-“)
bpk : “lhaiyo ini,dewi yg ga pernah gak ilang kalo diajak ke sekaten,sampe sekarang suka sampe luarkota,bedanya sekarang pamit,kalo dulu kan ngilang”
(yee..si bpk mah. dulu ya dulu,lagian br ilang setingkat pasar sekaten mah cetek..hik :p)
om indro : “kamu ya nduk„”
me : “he?nggih pakdhe..” (kasih senyum plg manis nih)
om indro : “dulu kamu itu bikin ibumu ngidam naik bus kota tiap pagi,pie kui?”
(gubrag!! tau gitu td ngga usah senyum manis,senyum ginsul aja -,-“)
me : “he?masa iya pakdhe?saya ngga sadar.dulu rasanya bosen diperut ibu,mungkin lg pengen jalan2 muterin jogja naik bis,he..he..”
om indro : “hahahaha..tuh tuh anakmu,gayeng koyo bapake”
bpk : “wah pas wae,lebih sering galake pas gedhe”
om indro : “wolhaiya,siapa lg yang nerusin bakat ibunya kalo bukan dewi,ya nduk..kamu harus bla3..bla3..”
(manggut2,rada terharu,manggut2 lagi,terharu lagi..)
me : “nggih pakdhe..”
*pamit pulang,bisa2 ayam mentah dirumah keburu hidup lagi gara2 kelupaan dimasak buat sibubur besok pagi..
*tapi moment seperti malam ini,diantara malam2 sebelumnya yang lebih banyak menyita waktuku untuk orang lain daripada ayahku,aku sungguh sangat menikmati.
Terimakasih Tuhan
sweetest moment semacam ini, kapan lagi ???
-lilnote : foto diambil pas iseng nantang bpk balapan habisin makan baso seminum-minumnya. nd of course hey, i’m the winner !!! - :D (awas brani komentar si baso masih diumpetin dipipi)

maaf sudah membuatmu menunggu..

10.06 WIB

assalamualaikum..
lamaa sekali rasanya tak mengunjungimu,
memang belum genap 2minggu,tapi ternyata 2minggu itu mampu memupuk rindu menjadi satu,
mungkin menjadi setinggi gunung..
sekarang,pagi ini saya datang..
saya datang untukmu,
saya tersenyum melihat rumahmu,meski berdinding gelap namun sepertinya teduh sekali
saya seperti melihat kamu tersenyum,lembut
kamu juga rindu ternyata,apa yg kita rasa adalah sama
sama-sama saling membutuhkan..

kamu ingin apakan saya sekarang?
setelah kita kembali bs bertemu,setelah akhirnya ada sedikit waktu luang di kesibukan saya?
kamu ingin berhambur memeluk saya?berat badan saya tambah setengah kilo 2minggu ini,pipi saya makin lucu :D
mencium saya? kening saya?
mendengarkan cerita2 saya?
Hey! Kamu hanya tersenyum lagi mendengar pertanyaan saya..
knp tak kau jawab?
sepertinya kamu ingin aku yg melakukannya padamu,
seperti selama ini
selalu aku..
seperti pagi ini,aku hanya punya 20menit untuk membelaimu,
memandangi parasmu,mengusap peluhmu setelah hujan,menghayati sedalam hati,
kali ini aku tak bisa banyak bercerita,kadang waktu menjadi tuanku disaat-saat begini,
memerintahku dan aku harus mematuhinya.
tapi aku janji,kali lain kubagi semua cerita petualanganku di 3 kota 2minggu ini.

pagi ini aku hanya ingin diam,bersamamu
jujur aku memang tak bisa jauh,
berada jauh darimu membuatku seperti kehilangan oksigen
seperti ada yg hilang,jauh dan menjadi beban..
sejauh ini belum ada yg bisa gantikan cintaku sedalam ini padamu..
maafkan tak banyak waktu luang seperrti dulu,
memang yg bisa kupercaya untuk menjagamu hanya Dia,
kalau saja boleh memilih,biar aku sendiri yg menjagamu..
tp kamu tak perlu khawatir denganku,
kamu sudah sangat mengenalku,bahkan teramat dalam..
yg pasti kamu tahu,
kemarin,hari ini,dan seterusnya.. rasa sedalam ini hanya untukmu
jangan bosan menanti kedatanganku lagi setelah pagi ini..

maaf sudah membuatmu lama menunggu untuk sebentar kedatanganku, Ibu..


:)

cerita Kecil..

sepertinya baru saja,tapi terasa begitu lama..
dua tahun lalu, kita bertegur sapa dan berhasil mempertahankannya
hingga apa yang ada di masa kita dua tahun lalu itu berubah,
keadaan, pola pikir, kesempatan, jalan hidup, realita,keseimbangan dan mungkin 'perasaan' ?
biar ku jabarkan dalam kalimatku,

awal perjumpaan kita adalah takdir, bagaimanapun jalannya segala yang terjadi tanpa kita sengaja itu takdir,aku menghargainya,aku mengenangnya..

dulu kita adalah sama, seirama, dengan posisi yang sama tinggi
namun ternyata jalan Tuhan sebelum kita bertemu adalah beda, aku dengan keterbatasanku, kamu dengan segala yang kamu mau.. tapi awalnya semua tak menjadi sesuatu yang menghambat ketika kita seirama.

tak berapa lama takdir membantuku berjalan selangkah lebih cepat darimu,
dan kamu masih berjalan dengan irama mu,
aku menoleh dan tersenyum padamu, lirih kukatakan, "tak apa,pelan saja..aku masih disini dekat denganmu.."
hingga takdir kembali membawaku berjalan setengah berlari mendahului langkah kakimu,
kamu masih juga berjalan dengan irama mu,
kembali aku melihat kearahmu, sambil mengulurkan tanganku dan kembali berucap dengan nada sedikit lebih tinggi, "ayo,ayunkan selangkah lebih cepat kakimu,aku menunggumu menyusulku. tapi jangan khawatir, aku tetap dekat denganmu.."
takdir menyapaku, dan kali ini ia mengharuskan aku berlari jauh didepanmu,
dan kamu masih tetap saja berjalan dengan iramamu,
meski aku tak bisa lagi begitu jelas melihat sosokmu yang mulai samar,tetap kucoba berteriak padamu,
"ayo! berlarilah, jangan sampai kau tertinggal jauh,aku disiniii..aku masih menunggumu sampai disini.."
sampai akhirnya takdir berhasil membawaku terbang,dan aku benar-benar tak melihat lagi secuilpun sosokmu di jalan yang dulu kita lalui seirama, bahkan berteriak untukmu saja tak mungkin lagi bisa kau dengar,tapi aku tetap mencoba membantumu dengan apa yang kubisa.. berteriak dengan hati..

berharap bukan telingamu yg selama ini kau pakai untuk sekedar mendengar, mata yg selama ini kau pakai untuk melihat secara nyata proses belajarku bergegas, berlari hingga aku terbang, tapi semoga kali ini hatimu yang mau mendengar untuk mengerti, memahami 'ajakanku' selama ini..

"maaf telah memaksamu berjalan lebih cepat,berlari lebih tangguh,terbang untuk tinggi bersamaku,sekarang aku sadar.seberapapun ambisiku mengajakmu seirama denganku, pasti hanya akan sia-sia jika memang hatimu belum mau,sekali lagi maafkan aku.."

aku tahu, kamu juga tidak diam,kamu juga bukan tidak berusaha mempercepat langkahmu,bahkan orang2 di sekitarmu selain aku pun membantu segala apapun yang kamu butuhkan untuk menyusulku, aku tahu..
yang aku tidak tahu hanya satu,
kemana keinginanmu yang sebenarnya?kemana motivasi yang bisa membakar semangatmu untuk bisa berada kembali seirama denganku? aku tak bisa terlalu lama menunggu, karena waktu juga tak mau mengerti. waktu juga tak mau memberikan sedikit belas kasihannya untukku, untuk kita.. maafkan aku "


terakhir kali, aku bertanya pada hatimu dengan hatiku..
"hey, apa kabarmu? apa kabar langkahmu? sejauh mana kamu berjalan? kuharap kamu sungguh-sungguh berjalan.."

dengan lirih kau jawab,
"aku masih dengan langkahku yang sama ketika kita seirama,sedangkan kamu sudah tinggi,kamu sudah terbang,meninggalkan aku dengan langkahku.."

seketika menetes bulir-bulir bening dari mataku mendengar jawabanmu,
"aku tak pernah ingin meninggalkanmu, aku selalu membantumu, menawarkan jemariku untuk kau sambut lembut, memberikan segurat senyum untuk bakar semangatmu, aku selalu membantumu dengan segala yang kubisa, kamu bisa kembali seirama lagi denganku tentunya jika kamu dan hatimu MAU.."

mungkin kamu merasa tersudut,mungkin kamu tak tahu lagi apa yg harus kau jawab,
"terbanglah... sampai saat ini aku masih ingin berjalan dengan iramaku. terimakasih, kecil.."

mendengar jawabanmu kali ini rasanya hatiku sakit, dadaku sesak, hingga aku susah bernafas, namun dg berat hati kuanggukkan kepalaku.
"baiklah, berjalanlah sesuai irama yang kamu inginkan. seberapapun cepat langkah kaki yang kau mau,aku percaya suatu saat kamu akan terbang, tinggi, bahkan mungkin melebihiku. aku selalu berdoa untuk itu. kembali kasih, besar.."

setelah ini tak akan ada lagi ajakan,tak ada lagi kedipan mata untuk mengajakmu kembali seirama denganku,kembali menapaki irama kita seperti dulu. bedanya adalah kali ini kita harus berada di depan, bukan lagi di belakang, di jalur jalan yang kita lalui dulu, dua tahun lalu. ketika dunia terus berputar, itu artinya kita juga harus maju. dengan irama yang sekarang kita punya,kita berusaha..

aku bukan tak bersyukur, justru aku merasa Tuhan sangat sayang padaku atas apa yang Dia berikan selama ini sebagai tanda kasih Nya, jika suatu saat pun aku harus jatuh, aku siap! kuanggap itu sebagai salah satu bentuk kasih Nya padaku. aku juga bukan tak mau membantumu berjalan lebih cepat, berlari, hingga akhirnya terbang. aku sudah benar-benar mencoba itu, tapi apa jadinya jika kamu pun hanya memaksakan hatimu yang sebenarnya belum mau? aku hanya ingin menjadi motivasi, bukan beban untuk memberatkanmu, sungguh :'(

sebuah pesan untuk kamu,takkan kusampaikan untuk kau dengar, tapi semoga kamu mengerti setiap makna didalamnya, dengan hati kecilmu..

"terbanglah kemana saja,kapan saja untuk hatimu,jangan terbang untuk hati lain jika hatimu belum mau"



*i swear, so hard to say: goodluck and goodbye, big boss..

the best I ever had

sebenarnya manusia hidup untuk sebuah alasan,
manusia tumbuh dewasa juga untuk sebuah alasan,
dan aku memilih mereka sebagai alasanku..


Ike Dian Anggraini
Lahir di Jogja 12 Juni 1992
Mahasiswi STIPRAM (Pariwisata) YK
gadis galak yang suka pedes kalo komentar,ike kecil kecil yang suka sekali diam2 membuntutiku dg mengendap-endap berjalan dibelakangku ke sekolah,baru ketauan pas dia tiba2 tarik-tarik kemeja seragamku sambil merengek "mba dewi,ituuuut :(" aku yg panik akhirnya terpaksa menyembunyikan ike kecil dibawah kolong meja ku,dan kuantar pulang ketika jam istirahat tiba (dg ngomel2 pastinya)

you can see her now?
ya! Ike sekarang genap berusia 19th,dia gadis tercantik yang pernah kulihat dihidupku.gadis yang paling dekat denganku.gadis sekaligus adik tertuaku,entah apa motivasinya hingga dia tekun bekerja sbg Operator di 2 warnet untuk paruh waktunya.ike adl the best listener yg pernah ada di dunia!aku sedang membantu membuka matanya tentang dewasa,tentang polapikir yg seharusnya dimiliki gadis seusianya.dan kurasa dia berhasil,aku bangga padanya.

*foto ini diambil ditahun yg sama saat alm.ibu meninggal
kanan: 
Gusta Purnama Putra
Lahir di Jogja 16 Agustus 1994
Siswa terkeren (kata dia) di sekolahnya, SMK Muh.1 Jurusan Otomotif
Putra adl satu-satunya adik lelakiku.Putra kecil sangat pemarah,apalagi sampe ada yg berani bikin adek bungsunya nangis,tp Putra kecil lucu sekali,banyak ibu2 yg suka cubit pipinya tiap dia habis mandi sore (cuma tiap sore :p)

kiri:
Arimbi Permata Sari
Lahir di Jogja 9 Januari 1996
siswi terkalem (komentar temen2nya) di SMU N 1 Gamping
Arimbi adl iyem kecil kami.dari balita rimby memang ngga serame kedua kakak gadisnya (kali dia malu giginya ompong wktu kecil :p),rimby kecil suka sekali menciptakan istilah2 lucu yg mungkin cuma dia sendiri yg ngerti.rimby menjadi sebuah 'judul kecil' di keluarga kami.Karna sebenarnya yg paling kuat diantara kami hanyalah dia,arimby :))

Lihat mereka sekarang!
menjadi remaja laki-laki dan gadis kecil yang manis.mereka tumbuh dijalan yang aku sendiri tak memaksa mereka melaluinya.
Putra dan Arimby,dua adikku yang paling sering kena omelku,apalagi kalau bukan karna mereka berisik saling usil tiap hari.mereka yg paling sering tiba2 bercerita tentang kakak kelas dan teman sebaya yg sdg mereka suka,mereka bawel,mereka adikku..


2001 - 2011
10 tahun yang tak biasa,menemani mereka tumbuh menjadi apa yg mereka mau sesuai apa yg alm.ibu kami tanamkan dulu,10 tahun lalu.
Allah SWT,terimakasih telah memberikan mereka sebagai alasanku
aku disini,ada karena mereka,ada untuk mereka.

:)