instrospeksi :)

Siang,sendiri,instrospeksi..

Posting ini kuketik memang untukku sendiri. Untuk sering2 kubaca sendiri,tips-tips kecil sih isinya..

Manusia..
banyak suasana hati yg mungkin datang di diri manusia,tapi tak sedikit pula orang yg bisa mengatur suasana hati mereka,meski dengan cara dan pola pikir menurut mereka sendiri,salah satunya menurut saya.. ini dia :

1. Merasa Hidup Tidak Adil
menurutku,hidup memang tak selalu adil.tp itu dulu,ketika kita menuntut sesuatu tp memaksakan,sekarang harus diubah polapikirnya!

Tips Kecilnya : ada saatnya kita merasa jadi orang paling menderita didunia,tapi ada saatnya juga kita merasa jadi orang paling bahagia se jagad raya,adil bukan?? bohong kalo kubilang aku merasa jd orang yg menderita terus. setiap manusia sudah punya ujain dan kenikmatan nya sendiri dari Tuhannya. karna itu,sebenernya dimana tidak adil nya? :)

2. Emosi
emosi emang gabisa diminta kpn dateng kpn pergi,entah sebabnya gede ato sepele,namanya emosi tau sendiri..buat satu ini deh,aku paling susah ngatur kalo udah emosi,tp itu juga dulu,sekarang begini mikirnya:

Tips Kecilnya : coba fikir,nurutin emosi tuh kalo diturutin jatohnya meledak-ledak.udah kayak bensin tumpah trus disulut pake korek dr ujung,bola salju kecil yg jd super gede kalo digelindingin dr puncak gunung salju.
Cuma buat apa?buat gengsi?biar keliatan hebat?ah ngga juga. Malah orang yg ga pinter ngatur emosi tuh justru ngebuka kelabilan dia sendiri,tapi kalo kita stabil,emosi yg bakal nurutin kita. Percaya deh! :)

3. Benci
ini udah 2011,setauku udah ga jaman awet-awet in benci ke orang.kecuali dia menyakiti perasaan ibu kandung kita.halal deh tuh dibenci ampe ratusan taun,tp stop membenci kalo dia udah ngakuin kesalahannya dn minta maaf ke ibu kita.

Tips Kecilnya : benci beda tipis ngga sih sm iri dengki?kalo iya,duh kasian bgt yg lg ngalamin rasa satu ini.
semua penyakit hati ada di dirinya,trus gmn sembuhinnya?
Ya,lewat dirinya sendiri. Kesadaran tentang ngga baiknya benci harusnya bikin dia berhenti.

Ngga mau kan jd orang paling rugi? Rugi karna orang yg kamu benci tuh bahkan ngga sempet mikirin kebencianmu padanya, Rugi karna hari2mu cuma bakal penuh beban mikirin setiap tingkahnya,gatel ngintipin timeline twitternya,penasaran pantengin trus foto di fb nya,pokoknya benci justru bikin kamu ga konsen sm hidupmu sendiri.
Padahal loh,orang yg kamu benci tuh ga pernah gubris keadaan kamu yg terbebani itu,karna dia sibuk memajukan hidupnya tanpa perdulikan kamu yg membencinya.
Nah,udah tau kan ruginya membenci? :)

4. Prasangka
prasangka ada dua,positif dan negatif. Kalo di agamaku Husnudzan dan Su'udzan. Nah,soal prasangka ini,tergantung hati sih,kita mau berprasangka gmn ke orang lain.

Tips Kecilnya : tau ngga kalo berprasangka negatif itu adl awal dr penyakit hati yg saya jabarkan tadi,yg nantinya bakal jd iri,dengki,benci dan emosi. Tapi itu ga bakal terjadi kalo kita mulai menanamkan keyakinan diri sendiri.
"Aku ga mau orang lain berprasangka buruk padaku,karna aku selalu berusaha menjadi orang yg positif untuk diriku dan orang2 disekitarku"

Kalo kita ga mau orang lain berpikikir buruk tentang kita padahal kenal saja belum,maka kita wajib bersikap sebaliknya. Jauhin pikiran negatif ke orang lain,terutama ke orang yg belum kita tau siapa dia,bagaimana kepribadiannya.sama aja kita menghakimi dia tanpa alasan.

Yah,meskipun manusiawi.. hidup didunia ga bisa semua orang harus suka denga kepribadian kita,harus ada yg tidak suka,tapi anggep aja setiap komen yg sekiranya pedas sbg kritikan atau masukan agar kita menjadi pribadi yg lebih baik.
jadikan mereka yg semaunya berprasanga adl orang2 yg membantu proses pendewasaan kita :)


5. Ikhlas
ngga tau kenapa sukaa banget denger satu kata itu,ikhlas..

Tips Kecilnya : semua ada porsinya. mencintai,membenci,memiliki,menuntut,memahami,dsb.
misal saja,kita mencintai seseorang tak perlu berlebihan,ketika kamu dan sesorang pacaran,brarti kamu ikhlas untuk suatu saat patah hati.
ketika kamu menuntut mendapatkan sesuatu dg berlebihan,ikhlas jika nanti kamu tiba-tiba kehilangan.

contoh kecilnya, kamu bekerja.dengan seluruh peluhmu kamu bekerja.ikhlaskan niatmu dan putar arah tujuanmu,jadikan BELAJAR sebagai tujuan utamamu bekerja, materi itu utama,tp dia bukan yg terutama.apa yg akan kamu dapat? ILMU,PNGALAMAN,PELAJARAN.. belum cukup sampai disitu,materi hasil jerihpayahmu datang sebagai bonus. ketika kamu ikhlas,maka berapapun nilai materi yg kau dapat Insyaallah akan selalu kamu syukuri.

itu contoh ikhlas dan kemudian menjadi syukur.
Ikhlas yg sebenernya menurutku adl ikhtiar. Tuhan menciptakan kekuatanmu jauh lebih besar dibanding persoalan (hidup)mu,ikhlas membuat pribadi mu lebih bersyukur. percayalah..

:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar