monolog

"coba sekali-kali pentingin diri kamu sendiri.."

sahabatku tiba2 berkomentar begitu padaku semalam, aku lebih memilih menjauhkan blackberry ku daripada melanjutkan obrolan kami. kamarku memang sengaja tak ada lampu, aku suka gelap meski aku tak suka mati lampu. aku lebih suka gelap yang sengaja kuciptakan sendiri. yang ada hanya lampu belajar yang tentu saja terangnya sebatas ia mampu menerangi sekitar meja. iseng kuputar tombol on-off nya. menyalalah dia, aku memilih merebahkan tubuh dan memejamkan mataku. membiarkan alam gelap nya menerawang jauh.

memang apa yang lebih penting?
apa yang membuatnya bisa berpendapat begitu padaku?
aku memikirkan diriku, memikirkan kebahagiaanku.. eh, apa benar begitu?
rasanya tak sepenuhnya salah. mungkin benar aku terlalu fokus memikirkan orang lain, hingga kadang aku lupa aku punya diriku. aku punya fisik yang harus kujaga kesehatannya, aku punya psikis yang harus kujaga keseimbangannya, aku punya hati yang harus kujaga untuk, untuk... untuk yg satu ini aku belum bisa menentukan untuk apa sebenarnya harus kujaga hatiku.
aku seperti mulai meng-iya kan pendapat sahabatku itu,
mulai berimajinasi dalam ruang gelap yang tak ada batasnya dalam fikiranku, kulihat sebuah lingkaran tergambar dengan kata HIDUP tertulis ditengahnya. kemudian ada garis tipis membagi otak bulat tersebut. garis-garis itu menciptakan beberapa bagian :
bagian yang paling besar bertuliskan Keluarga & Agama
bagian yang sedikit lebih kecil bertuliskan Sanak Kerabat/Sahabat
bagian yang berukuran sedang bertuliskan Realita
bagian yang terkecil bertuliskan Arzu's heart & her youth life
dalam gelap aku merasakan bibirku tersenyum, tipis.. aku lega bahwa tetap ada porsi dimana aku memikirkan diriku sendiri. meskipun ia ada di bagian terkecil, bukan berarti terendah, percayalah.. kebahagiaan sebenarnya kurasakan saat aku bisa membuat lingkaran dalam imaji ku itu berputar perlahan, dan tetap berwarna terang. dan kesedihan sebenarnya adl ketika lingkaran itu tak lagi berputar dan gelap.
toh saat ini aku masih kuat, aku si kecil yang bisa membuat seluruh lingkaran besar itu berputar.
akan ada saatnya seseorang mampu membantuku mendapat bagian yang lebih besar dari ini, nanti..

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar